Sesuai janji,saya akan membuat posting kelanjutan dari A Trip to Bali,First and Second Day.sebelumnya,jika anda bertanya,mengapa dipotong-potong begini ceritanya.mohon maaf bukannya saya,si penulis orangnya itu setengah-setengah,males,dan nggak niat.tapi justru saya selama di Bali mengalami hari yang panjang.lalu jika diungkapkan dengan kata-kata,pasti akan sangat panjang.belum lagi gambar yang akan saya posting ada banyak dan pastinya bakal memenuhi bandwidth(nyambung nggak sih?). oke biar cepet selesai,saya lanjutkan ya.

Hari Ketiga,saya masih tetap di Denpasar.kali ini,saya dan sanak saudara akan pergi kemana?well,we’re going to cruise,cruise on the sea. Pesiar,pesiar kemana? ke pulau Nusa Lembongan.

Gambar peta

Berangkat dari mana? pelabuhan Benoa.naik apa?Naik kapal pesiar.Kami berangkat pukul 08.00 WITA dari rumah lalu makan waktu kurang lebih 45 menit untuk sampai di pelabuhan Benoa.Setelah sampai,saya kagum.sudah berkali-kali pulang ke Bali,tapi belum pernah melihat pelabuhan Benoa,jadi saya mengabadikan beberapa gambar di pelabuhan Benoa.berikut gambarnya
DSC_0002
gambar 1. suasana pelabuhan benoa
DSC_0005
gambar 2. tempat registrasi day cruise.
DSC_0008 
gambar 3. kumpulan yacht dari mancanegara sedang berlabuh
DSC_0013
gambar 4. gambar kapal bounty cruise,yang akan kami tumpangi menuju nusa lembongan.

Semula,saya berpikir bahwa Pelabuhan Benoa itu adalah pelabuhan seperti Tanjung Priok.Pelabuhan tempat kapal-kapal kontainer,kapal tanker,dan tidak ada kapal pesiar.ternyata ada satu pier yang menjadi tempat khusus bagi kapal-kapal pesiar kecil,kapal penyedia jasa pesiar seperti Bounty Cruise,Bali Hai dll.satu yang tidak ada disini dan tidak bisa ditampung disini.yaitu kapa Queen Elizabeth II dan Titanic.

waktu menunjukan Pukul 10.00 WITA,para penumpang sudah dipersilahkan masuk ke kapal.dalam kapal ini,kami sekeluarga berbaur dengan Turis Lokal,turis mancanegara seperti dari Australia,Jepang,Cina,dan negara lainnya,lalu ada juga satu keluarga besar berpakaian pura(baju sembahyang,menggunakan kemeja putih,kamen,dan udeng).Setelah bertanya,mereka mau bersembahyang di salah satu Pura di Nusa Penida.Jumlah mereka hampir setengah dari seluruh penumpang di kapal.

oh iya,jika anda tertarik dengan wisata pesiar ini,Hubungi saja Bounty Cruise.biayanya US$ 95/person.loh?saya dan sanak saudara berjumlah 15 orang,US$ 95 dikalikan 15 orang lalu dikurskan rupiah adalah jumlah yang amat besar.bagaimana dong?Don’t Worry,disini ditawarkan paket family(parrents and up to three children). hanya US$ 200 per keluarganya,jadi bayarnya ya masing-masing per keluarga.US$ 200 bukanlah jumlah yang sedikit.tetapi jauh lebih murah dibandingkan US$ 95 dikali 15 orang.tetapi jika anda hanya pergi sendiri atau maksimal bertiga,lebih baik pakai yang tarif US$ 95

Setelah masuk ke dalam,seluruh penumpang dipersilahkan untuk sarapan dengan hidangan yang sudah disediakan.rampung sarapan,saya naik ke Deck paling atas.Setelah naik ke deck paling atas kapal,saya kembali beraksi dengan kamera,mengabadikan gambar-gambar from a deck of a yacht.berikut gambar-gambarnya.
DSC_0042 
gambar 5. kumpulan yacht sedang berlabuh
DSC_0025
gambar 6. tiga yacht yang baru merapat.
DSC_0027
gambar 7. sebuah yacht dari belanda
DSC_0035
gambar 8. Kapal cruise provider sedang berlabuh di sebelah kapal patroli
DSC_0046
gambar 9. seorang pemilik yacht berpose di atas kapalnya.
DSC_0049
gambar 10. kapal sea safari VI dengan model mirip KRI Dewaruci
DSC_0050 
Gambar 11.Sea Safari VI lebih di zoom
DSC_0051
gambar 12.Gedung utama Pelabuhan Benoa
DSC_0052
gambar 13.good bye Benoa

kapal sudah mulai berlayar menuju laut.seluruh penumpang di deck paling atas,yang didominasi bule-bule terlihat ramai dengan musik,bule-bule berjoged,dan bule-bule,nge-beer dan ngerokok marlboro.
DSC_0039 
gambar 14. bule-bule duduk di minibar
DSC_0044 
gambar 15. masih para bule
DSC_0053 
gambar 16. para Bule ngebeer.

Udah sumpek ngeliatin Bule,mending saya mengamati Laut yang biru.tidak lupa mengaktifkan kamera untuk mengabadikan berbagai objek.berikut gambarnya.
DSC_0055 
gambar 17. puluhan kapal kecil .
DSC_0056
gambar 18. kapal-kapal kecil
DSC_0057 
gambar 19. suasana pesisir
 DSC_0059
gambar 20. hotel di pesisir pantai
DSC_0062 
gambar 21. hotel di pesisir.

ketika sudah mulai menjauh,goncangan ombak makin besar saja,kapal menjadi terombang ambing bagai diserang badai,akhirnya saya turun ke lantai 2 kapal.
di lantai 2,terdapat live music perform dari musisi yang disediakan kapal.musik yang dialunkan amat rapih,konsentrasi mereka tidak terganggu oleh ombak yang membuat saya mual dan mabuk laut.taoi saya tidak tahu apakah mereka mual apa tidak.di lantai 2 ini dipenuhi oleh orang-orang yang hendak menuju pura di Nusa Penida.saya menyempatkan mengambil gambarnya,ini dia
DSC_0064 
gambar 22. musisi beraksi.

saya mulai betul-betul mabuk dan akhirnya saya kembali ke tempat duduk saya,kapal betul-betul diguncang ombak,saya sendiri sudah sempoyongan nahan muntah,sampai hampir terjatuh,akhirnya saya sampai juga di tempat duduk.
DSC_0033 
gambar 23. tempat duduk.

Terlihat wajah-wajah mual melekat pada saudara saya,bukan hanya saudara saya saja.hampir 80% penumpang dalam kapal terserang mabuk laut.ketika awak kapal mulai membagikan kresek untuk muntah,akhirnya serentak terdengar suara Hoeeeeek..Hoeeeeek…Hoeeeeek.. simponi di atas laut yang indah.saya sendiri masih menahan rasa mabuk saya,ingin terlhihat keren gitu sama saudara.tapi akhirnya muntah juga,mana suaranya paling nyaring dan keras lagi.setibanya di anjungan,saya dan penumpang lainnya turun.saya berjalan dengan sempoyongan langsung mencari kursi santai untuk menenangkan perut,saraf,dan kepala saya.bagaimana caranya?dengan berjemur,padahal kulit saya sudah hitam legam malah berjemur.it’s ok,people with dark skin is so sexy haha.setelah agak baikan,saya mengisi perut terlebih dahulu dengan tango,keripik kentang dan teh hangat yang dibawa dari rumah.lalu lebih pol lagi saya menempelkan salonpas di perut dan leher belakang.setelah itu,biasa sang  fotografer kembali beraksi mengabadikan gambar-gambar dan momen-momennya.check it out.
DSC_0072
DSC_0073
gambar 24 dan 25. suasana di anjungan

di anjungan ini,pemberhentian utama untuk pesiar.di sini,anda bis menikmati indahnya shanghiang bay,nusa lembongan,indahnya pulau nusa lembongan dari anjungan,di anjungan ini ada water slide setinggi 44m,lalu pergi ke laut lepas untuk bermain banana boat,jetski(extra charge),diving(extra charge),fly fish(extra charge juga),snorkeling,dan canoeing. berhubung masih mabok dan udah capek duluan gara-gara mabuk laut,akhirnya saya memilih tinggal dulu di anjungan sambil mengamati indahnya pulau nusa lembongan,berikut gambarnya.
DSC_0070 
gambar 26. pulau nusa lembongan
DSC_0071 
gambar 27. shanghiang bay,nusa lembongan
DSC_0068 
gambar 28. pesisir nusa lembongan
DSC_0065 
gambar 29. kapal pribadi berlayar di sekitar nusa lembongan
DSC_0067 
gambar 30. bagian terujung pulau nusa lembongan

Mata saya menjadi segar,kepala saya menjadi sedikit lebih fresh.dihibur angin sepoi-sepoi,deru ombak,sinar mentari  yang hangat,dan langit yang biru akhirnya saya memutuskan ikut saudara-saudara saya yang lain untuk snorkeling.berhubung snorkeling berhubungan langsung dengan laut,saya meninggalkan kamera saya.saya dengan rombongan yang lain dibawa ke anjungan tempat snorkeling.awalnya saya takut,takut tidak bisa bergerak,takut terbawa ombak,takut tenggelam,takut tidak bisa bernapas.ternyata tidak,jauh dari bayangan saya,sangat menyenangkan.hanya saja,kita bernapas menggunakan mulut kalau,hidung ditutup rapat dengan kacamata,lalu tidak bisa menyelam karena harus pakai pelampung.

selama snorkeling,saya melihat terumbu karang,beraneka jenis ikan,dan jernihnya air laut.waktu yang diberikan hanya 20 menit.sangat sebentar.tapi tidak apa-apa berhubung saya masih capek gara-gara mabuk laut.lalu dianjurkan tidak membawa anak kecil yang belum bisa berenang.karena mereka pasti takut dan minta didampingi,sehingga membuat waktu anda habis.

setelah selesai,seluruh rombongan dibawa kembali ke anjungan utama.setelah itu,saya dan beberapa saudara sepupu ingin menaiki banana boat.tapi berhubung masih agak pusing,saya memilih tidur siang di sofa.satu jam berlalu,i feel better than before.saya langsung mengambil kamera untuk mengabadikan beberapa objek.berikut objeknya.
DSC_0081 
gambar 31. banana boat
DSC_0082
gambar 32. penunggang banana boat yang dijatuhkan oleh pengemudi speedboat
DSC_0101
gambar 33. kapal pesiar Bali Hai II,saingan.
DSC_0119
gambar 34. para peselancar yang sudah mahir beselancar jauh dari lepas pantai
DSC_0122
gambar 35. bagian terujung nusa lembongan dihempas ombak.
DSC_0102
gambar 36. tempat aktivitas air seperti snokeling,diving,dan submarine.

Nah inilah momen juara,bule-bule disini bertingkah konyol,ada bule yang melompat dari puncak anjungan,melompat  ke laut dari anjungan.saya tidak tahu itu dilarang apa tidak.yang jelas kalu pribumi yang melakukan kemungkinan akan dimarahi petugas.diskriminasi dong?ya saya tidak tahu pasti,tapi si bule yang berulang kali melompat ke laut saja tidak dimarahi,jadi bebas dong.berikut gambar-gambar bule-bule konyol tersebut.
DSC_0116
DSC_0117 
DSC_0115
gambar 37,38,39. Bule-bule melompat ke kolam air laut
DSC_0118
DSC_0125
DSC_0126 
gambar 40,41,42. bule yang melompat ke laut lepas.

Kalau yang melompat ke kolam sih masih wajar-wajar saja.tapi ini loh yang melompat ke laut.mereka tidak takut menabrak speedboat?jatuh di atas kapal pengangkut rombongan?atau jatuh di atas lantai dasar anjungan? ah, biarkan saja toh,cari sensasi.lagian sepertinya bule-bule ini sudah sering seperti ini atau bahkan lebih gila.Apakah semua bule di anjungan melompat ke laut seperti orang-orang pada foto?tidak,ada yang menonton dan menertawakan.
DSC_0129
gambar 43. tiga orang bule menontoni teman mereka yang melompat.

tidak terasa,waktu menunjukan pukul 15.00 WITA.sudah waktunya kembali ke daratan.kapal bounty cruise pun sudah siap merapat.
DSC_0130
gambar 44. Kapal pesiar bounty cruise siap merapat.

Penumpang terlihat berbondong-bondong menuju kapal.saya masih santai saja menunggu mereka selesai.
DSC_0136 
gambar 45. Penumpang berbondong-bondong masuk.

Setelah menunggu mereka masuk akhirnya saya masuk dan mengerti mengapa mereka terburu-buru.Tempat duduknya rebutan,siapa cepat dia dapat.akhirnya terpaksa duduk di kursi kecil.selama perjalanan saya tidak ingin kejadian sama terulang,mabok.saya memutuskan untuk tidur selama perjalanan pulang.setelah sampai saya ternyata melewatkan sebuah momen.di deck paling atas,ada pesta.pesta apa?pesta ulang tahun si bule yang nyebur ke laut berulang kali.oh jadi mereka yang tadi nyebur ke laut itu sedang berulang tahun.saya jadi mengerti.

Selesailah Event Hari Minggu,12 September 2010.keluarga saudara saya ada yang pulang ke Bandung hari ini karena sudah cukup lama di Bali.Sekian,2 hari terakhir akan saya posting lagi nanti.