Pernah mendengar tentang Planespotting? Planespotting adalah kegiatan mengamati peawat yang lalu lalang di Bandara,di Langit,bahkan di Hanggar. Apa saja yang diamati selama Planespotting? Yang anda amati intinya sih Pesawat,tapi lebih rincinya ya Jenis Pesawat,Registrasi,New Livery(kalau ada),Destinasi,interior pesawat,fasilitas dalam,dan lain-lain.planespotting dilakukan oleh siapa saja? Semua orang terutama Pecinta dunia kedirgantaraan.lalu Apa saja yang diperlukan untuk melakukan kegiatan planespotting? anda hanya membutuhkan Kamera.Kalau anda bertanya “kamera yang bagaimana?” jawabannya semua kamera bisa digunakan.tapi,untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih berkualitas,anda memerlukan kamera DSLR atau sederajat.

Disini,saya ingin share foto-foto hasil planespotting saya yang kebetulan kalau bepergian jauh selalu menggunakan pesawat.jadi,selama saya di Bandara,saya suka lari-lari tidak jelas nyari Pesawat untuk di foto.dengan cara seperti apa? mulai dari Jendela-jendela di boarding pass,masuk ke restoran dengan view landasan(cuma numpang,tapi kalau laper ikut beli makanan),dan ketika boarding dengan menggunakan bus untuk menuju pesawat,saya manfaatkan untuk nyari gambar.tapi kalau landasannya masih sepi bahkan kosong,ya terpaksa gigit jari.

Berikut ini hasil jepretan saya di beberapa bandara Internasional

  1. Bandara Internasional Soekarno Hatta.
    terakhi kali melakukan perjalanan,bandara ini Lebih sepi dibanding tahun 2003,dimana pesawat dari mancanegara singgah.mungkin karena Lesunya ekonomi global membuat sejumlah maskapai mengurangi frekuensi penerbangan bahkan menghapuskan rutenya.berikut gambar-gambarnya:
    DSC_0285 
    gambar 1. Boeing 737-900ER milik lion Air sedang boarding
    DSC_0317 
    gambar 2. dua buah Airbus A320-200 masing-masing milik Mandala Airlines dan Air Asia.
    IMG_0208
    gambar3. Boeing 737-800 Garuda Indonesia(old livery).
    DSC_0319 
    gambar4. Airbus A330-200 milik Garuda Indonesia(new livery) landing.
    DSC_0308

    gambar 5 Boeing 737-800 Garuda Indonesia (old Livery) take off.
  2. KLIA(Kuala Lumpurr International Airport)
    KLIA merupakan bandara yang tak kalah sibuk dengan Changi (singapura). KLIA adalah salah satu Hub di Asia tenggara.jadi banyak pesawat yang singgah dari Eropa,Australia,Timur tengah,Dll.Waktu saya berkunjung ke Kuala Lumpur,saya sendiri takjub,mengapa bisa lebih ramai daripada Soekarno Hatta?berikut foto-foto yang saya peroleh selama di KLIA.
    DSC_0614
    gambar 6. Airbus A330-300 Malaysia Airlines boarding
    DSC_0595 
    gambar 7. Airbus A330-300 Malaysia Airlines under maintenance
    DSC_0598

    gambar 8. Airbus A330-300 China airlines taxiing
    DSC_0610 
    gambar 9. Airbus A321 Vietnam Airlines
    DSC_0594
    gambar 10 Airbus A320-200 Silk Air Boarding.
  3. Bandara Husein Sastranegara,Bandung
    Bandarra utama di kota saya,penerbangannya tidak terlalu banyak,tetapi untuk mengamati pesawat yang lalu lalang cukup mudah.berhubung rumah saya dekat dengan Ujung runway,saya tinggal naik motor menuju lokasi.tetapi harus berhati-hati juga karena bandara husein sebetulnya milik TNI-AU,memotret di wilayah TNI-AU kadang juga bisa dikira Spionase/memata-matai Kegiatan militer(ebay deh,apa saya yang lebay?haha)berikut Foto-foto hasil planespotting saya
    DSC_0179
    gambar 11. Boeing 737-300 Air Asia tujuan Kuala Lumpur
    DSC_0170 
    gambar 12 Boeing 737-300 Air Asia Tujuan Denpasar
    DSC_0163
    gambar 13 C-130 hercules milik TNI-AU yang sudah grounded
    DSC_0164
    gambar 14.  3 unit C-130H hercules milik TNI-AU under maintenance
  4. satu Gambar penutup
    DSC_0606
    gambar 15 Boeing 747-400 milik Malaysia Airlines

sekian Gambar-gambar hasil planespotting saya,semoga dapat menyegarkan mata anda.bagi anda yang mulai tertarik dengan planespotting silahkan berangkat menuju bandara di kota anda dan tangkap gambar “burung-burung besi” yang berlalu lalang di Bandara.thanks for read this Article

Pesan dari Made: janganlah engkau mengupload ulang gambar dengan mengatasnamakan nama anda sendiri,atau mengikutsertakan gambar-gambar ini dalam lomba/kontes-kontes fotografi(karena belum tentu menang dan tindakan itu merupaka tindak kriminal Pembajakan dan Pencurian kekayaan intelektual.oke sob?haha